Sistem Evaluasi dalam Kurikulum 2013


 Penilaian atau evaluasi pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah kegiatan belajar mengajar, yang diperlukan sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran itu sendiri baik dari sisi proses maupun hasil.
Sistem penilaian dalam Kurikulum 2013 mencakup sembilan sistem penilaian. Sementara itu, evaluasi pembelajaran setiap mapel tetap menggunakan tiga aspek dasar kompetensi tujuan. Sembilan sistem penilaian meliputi penilaian diri, ulangan harian, ujian tengah semester, ujian sekolah, ujian nasional, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, penilaian proyek dan penilaian autentik.

Sembilan sistem penilaian itu berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 66 Tahun 2013 tentang Sistem Penilaian Pendidikan. Penilaian diri dilakukan oleh masing-masing siswa dengan mengamati kemampuan sendiri.

Ulangan, beberapa ujian dan proyek bisa dilakukan secara tertulis atau dinilai dengan angka. Sembilan sistem penilaian berdasarkan Permendikbud, mengisyaratkan ujian tengah semester, ujian sekolah dan ujian nasional masih ada dalam Kurikulum 2013. 

Pedoman-pedoman yang dapat diunduh melalui tautan-tautan di bawah ini saya yakin sangat berguna bagi guru-guru SD untuk mengeimplementasikan kurikulum 2013.

Berikut ini tautan-tautan unduh pedoman sistem penilaian kurikulum 2013 untuk jenjang SD. Silakan diunduh, dipelajari dan diimplementasikan.
  1. Permendikbud 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013.
  2. Contoh Buku Rapor. 
  3. Panduan Teknis Penilaian Kelas. 
  4. Panduan Teknis Pengisian Nilai.
  5. Contoh Buku Rapor tingkat SMA
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))