Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Media

 Berkenaan dengan hal-hal yang perlu diperhatikan guru dalam memilih media pendidikan yang sesuai, pertanyaan-pertanyaan yang kini timbul adalah:
  1. Faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media pengajaran?
  2. Mengapa faktor-faktor tersebut dipandang penting?
  3. Hat-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam setiap faktor tersebut?
Agar kegiatan belajar-mengajar dapat berlangsung secara efektif dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, diperlukan adanya dukungan media pengajaran, baik itu media cetak, media elektronik, atau objek nyata (realia).
Memilih media yang terbaik untuk tujuan instruksional bukan pekerjaan yang mudah. Hal ini diakui oleh mereka yang pernah berkecimpung dalam tugas itu. Pemilihan itu rumit'dan sulit, karena didasarkan pada beberapa faktor yang saling berhubungan.
Di bawah ini dikemukakan beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media yang tepat.
  1. Jenis kemampuan yang akan dicapai, sesuai dengan tujuan pembelajaran . Sebagaimana diketahui, bahwa tujuan pengajaran itu menjangkau daerah kognitif, afektif dan psikomotor. Bila akan memilih media pengajaran, perlu dipertimbangkan seberapa jauh media tersebut ampuh mengembangkan kemampuan atau perilaku yang terkandung dalam rumusan tujuan yang, akan dicapai.
  2. Kegunaan dari berbagai jenis media itu sendiri' Setiap jenis media mempunyai nilai kegunaan sendiri-sendiri.  Hal ini harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih jenis media yang digunakan.is media.
  3. Kemampuan guru menggunakan suatu jenis media. Betapapun tingginya nilai kegunaan media  hal itu tidak akan memberikan manfaat yang optimum jika guru kuranq/belum mampu menanganinya dengan baik. Oleh karena itu kesederhanaan pembuatan dan penggunaan media sering menjadi faktor penentu
    bagi guru dalam memilih media.
  4. Keluwesan atau fleksibilitas dalam penggunaannya. Dalam memilih media harus dipertimbangkan pula faktor keluwesan / fleksibilitas, dalam arti seberapa jauh media tersebut dapat digunakan dengan praktis dalam berbagai situasi dan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. 
  5. Kesesuaiannya dengan alokasi waktu dan sarana pendukung yang ada. Salah satu hambatan yang sering dialami dalam mengajar adalah kurangnya waktu yang tersedia apalagi kalau kurikulumnya  terlalu sarat isinya. Salah satu faktor yang perlu pula dipertimbangkan dalam memilih media ialah seberapa jauh penggunaan media tersebut masih sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia bagi pengajaran yang bersangkutan. Di samping itu, dalam memilih media pembelajaran perlu diperhatikan pula seberapa jauh penggunaannya didukung oleh sarana/prasarana yang ada seperti listrik, cahaya dan lain-lain.
  6. Ketersediaannya. Acapkali media yang terbaik tidak tersedia sehingga guru memilih media yang lain, media tersebut sudah tersedia atau mudah menyediakannya
  7. Biaya. Guru atau lembaga pendidikan biasanya mencari media yang murah atau ekonomis,sehingga media yang paling ampuh tapi mahal jarang digunakan.
Referensi :
R. Ibrahim & Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran. (Jakarta : Rineka Cipta)
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))