Penggunaan Media Pembelajaran Ala Rasulullah SAW

Salah satu isu penting dalam pengembangan Kurikulum 2013 adalah optimalisasi pemanfaatan berbagai sumber dan media pembelajaran, guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber informasi melainkan lebih berperan sebagai fasilitator dan pengarah serta motivator agar proses pembelajaran menjadi sesuatu yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi peserta didik (PAIKEM).
Di saat dunia pendidikan dewasa ini ramai-ramai membicarakan tentang media pembelajaran, sesungguhnya sudah sejak 14 abad lebih yang lampau, Maha Guru Paling Sukses Sepanjang Sejarah Manusia, Rasulullah SAW telah memberikan contoh bagaimana cara mengajar yang baik, salah satunya dengan menggunakan media berupa gambar di mana beliau membantu ucapannya di sebagian pembicaraannya dengan gambar-gambar yang akan mendekatkan makna kepada otak dan membantu menghafal, di antaranya:
  1. Dari Ibnu Mas'ud RA;, dia berkata, Nabi SAW membuat garissegi empat dan membuat garis tengah keluar dari garis tersebut.Lalu membuat garis-garis kecil ke arah garis tengah darigaris yang ada di samping garis tengah seraya bersabda :
 
"Ini adnlah manusia, dan ini adalah ajalnya yang mengitarinya dan garis yang keluar ini adalah angan-angannya sementara garis-garis kecil ini adnlah rintangan, jikn yang ini tidak mengenainya, maka digigit oleh yang ini, ilnn jika yang ini tidak mengenainya, makn akan digigit oleh yang ini."

Dan berikut adalah gambarnya :


2. Dari Abdullah bin Mas'ud RA dia berkata :
" Rasulullah lW membuat sebuah garis dengan tangannya kemudian bersabda, 'lni adalah jalan Allah yang lurus.' LaIu membuat garis di kanan dan kirinya kemudian bersabda, ' lalan-jalan ini, tidak satu pun dnri jalan-jalan ini kecuali di antaranya ada setan yang menyetu kepadanya.' Kemudian beliau membaca,
'Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adnlah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencersi-beraikan kamu dari jalanNya'. " (Al-An'am: 153)
Kesimpulan:
  1. Mendukung penjelasan dengan gambar dan tulisan akanmenambah kuat penjelasan.
  2. Menggabungkan antara gambar dan tulisan denganmetode ceramah m.embantu menyampaikan pelajaran dengan mudah dan lebih cepat.
  3. Tulisan dan gambar haruslah jelas, dapat dilihat oleh semua siswa dengan memperhatikan tidak adanya penghalang-penghalang yang bisa menghalangi penglihatan siswa kepadanya.
Referensi : Asy Syalhub, Fuad bin Abdul Aziz. 2008. Begini Seharusnya Menjadi Guru.Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran cara Rasulullah. (Jakarta : Darul Haq)
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))